cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 19073011     EISSN : 25281127     DOI : -
Core Subject : Economy,
KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2019): Agustus" : 15 Documents clear
Pengaruh budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA swasta sultan agung pematangsiantar Grace Endang Pakpahan; Juara Simanjutak; Sihol Nababan; Acai Sudirman
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.5640

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru sementara variabel terikat adalah kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar yang terdiri dari 45 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Sedangkan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan secara parsial budaya organisasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru.Kata Kunci: Budaya Organisasi; komunikasi; kompetensi guru, kinerja guru The influence of organizational culture, communication, and communication on teacher performance of Sultan Agung High School Pematangsiantar AbstractThis study aimed to test whether organizational culture, communication and teacher competence on teacher performance of sultan agung high school pematangsiantar both simultaneously and partially. Independent variabel in this study is the organizational culture communication and teacher competence. The dependent variabel is teacher performance. This research was conducte on teacher of Sultan Agung Pematangsiantar high school consisting of 45 respondents. This type research is quantitative research. method data collection using interviews, observation and distributing questionnaires. Data analysis using multiple linear regres sion. The results showed that communication and teacher competence is positive and significant effect towards teacher performance both simultaneously and partially. While simultaneous organizational culture has a positive and significant effect on teacher performance and partially organizational culture has a positive but not significant effect on teacher performance.Keywords: Organizational culture; communication; teacher competence, teacher perfomance
Analisis penilaian aspek agunan pada pembiayaan murabahah Chrisna Sagita; Mira Mira
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.5686

Abstract

Di perbankan syariah untuk pembiayaan murabahah, pihak yang mengajukan pembiayaan wajib menyertakan agunan. Penyertaan agunan digunakan untuk menghindari risiko wanprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BPRS Cabang Koba melakukan analisis penilaian aspek agunan pada pembiayaan murabahah dan problem apa yang muncul ketika terjadi agunan bermasalah dari legalitasnya, serta solusi jika terjadi agunan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada pihak BPRS Cabang Koba. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teori Miles dan Huberman senghingga hasil yang diperoleh dapat disimpulkan secara obyektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan analisis penilaian aspek agunan pada pembiayaan murabahah yang dapat dilihat dari objek, subjek, dan klausul yang halal dari Surat Hak Milik (SHM), sertifikat sertifikasi guru, surat girik,  BKPB kendaran motor atau mobil, dan lain-lain yang bisa jadikan agunan. Selanjutnya dilakukan crosschek kembali terhadap agunan yang diserahkan nasabah. Penilaian aspek ini merupakan syarat yang sah dalam sebuah perjanjian. Apabila terjadi masalah terhadap agunan yang diserahkan nasabah, maka pihak perbankan wajib membatalkan perjanjian atau pihak perbankan membatalkan pemberian pembiayaan pada nasabah. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi dan merupakan solusi dari risiko. Risiko tersebut dimana pihak perbankan tidak dapat mengeksekusi agunan jika terjadi wanprestasi.
Perangkap yang harus dihindari perusahaan konvensional dalam menapaki era disrupsi Adhikara Joshua Sutisna; Martani Huseini
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.5671

Abstract

Era disrupsi yang kian berlangsung merupakan ancaman besar bagi perusahaan-perusahaan konvensional. Fenomena ini memaksa perusahaan-perusahaan konvensional untuk melakukan pergeseran terhadap sistem yang mereka miliki. Pergeseran bukan hanya merubah sistem tradisional menjadi daring. Namun, pergeseran merupakan dampak dari era disrupsi yang memunculkan cara-cara baru dalam sistem yang dimiliki sebuah perusahaan. Era disrupsi juga kian merubah interaksi manusia sesuai tren yang berlaku. Hal ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan konvensional, terutama perusahaan yang sudah sangat lama berdiri dan berjalan dengan sistem yang mereka pegang teguh sejak dahulu. Sehingga, kadang kala banyak perusahaan konvensional terjebak dalam perangkap masa lalu mereka. Fenomena ini menarik minat peneliti untuk menjadikan PT. Pegadaian (Persero) yang telah berdiri sejak tahun 1901 sebagai objek penelitian. Era disrupsi yang terjadi turut mengancam PT. Pegadaian (Persero) yang berstatus sebagai badan usaha milik negara serta memaksa mereka untuk berinovasi dan melakukan pergeseran dalam sistemnya untuk tetap dapat bertahan dan tidak terdisrupsi. Tulisan ini akan mencoba menjabarkan perangkap masa lalu yang ditemui oleh PT. Pegadaian (Persero) dalam era disrupsi serta bagaimana cara mereka untuk dapat keluar dari perangkap tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi perusahaan konvensional yang masih sulit untuk berinovasi karena masih terjebak dalam perangkap masa lalu.
Anteseden perilaku nasabah pt bankaltimtara dalam minat menggunakan layanan sms banking Heni Rahayu Rahmawati; Sugeng Hariyadi
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6277

Abstract

SMS banking merupakan implementasi dari teknologi mobile pada bank. Penggunaan SMS banking telah populer di dunia termasuk negara Indonesia. Salah satu faktor yang legih penting dalam penggunaan teknologi informasi termasuk SMS banking adalah niat perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi yang telahd disediakan.TAM (Technology Acceptance Model) adalah salah satu teori yang terkenal dengan perilaku konsumen dalam menggunakan atau mengadopsi teknologi. Didalam TAM (Technology Acceptance Model) menjelaskan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use dan attitude toward behavior merupakan variabel yang mempengaruhi behavioral intention seseorang untuk menggunakan suatu teknologi informasi. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel-variabel yang ada pada TAM (Technology Acceptance Model) dengan menambahkan dua variabel lainnya yaitu perceived risk dan trust. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 161 responden yaitu nasabah pengguna layanan SMS banking PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Model penelitian dan hipotesis diuji dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa model penelitian diterima. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sembilan dari sebelas hipotesis terbukti diterima dengan tingkat signifikansi 0,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness dan perceived risk berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward behavior, trust dan behavioral intention. Hasil penelitian juga menemukan bahwa perceived risk berpengaruh negatif signifikan terhadap attitude toward behavior dan trust. Attitude toward behavior berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention, namun perceived rist dan trust memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap behavioral intention.
Efektivitas dana desa di kabupaten hulu sungai tengah Arif Maulana; Nugrahayu Suryaningrum
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6171

Abstract

Sejak tahun 2015 pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan untuk mengatasi kemiskinan yaitu memberikan dana desa ke seluruh desa di berbagai kabupaten di Indonesia salah satunya Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dana desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t sampel berpasangan, serta uji-t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan Indeks Pembangunan Desa Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebelum dan sesudah adanya dana desa. Temuan penting yang harus diperhatikan dalam penelitian ini adalah belum efektifnya dana desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ditandai dengan tidak terjadinya penurunan tingkat pengangguran terbuka, angka kemiskinan, dan gini ratio secara signifikan meskipun pemerintah sudah memberikan dana desa yang cukup besar.
Peran kepuasan sebagai variabel intervening pada experiential marketing terhadap loyalitas Muhammad Adam; Sanaji Sanaji
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6104

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pengembangan bisnis juga tumbuh lebih cepat. Salah satunya adalah bakery indutry, yang dilengkapi dengan pendekatan pemasaran berdasarkan pengalaman, yang bertujuan untuk memberikan konsumen pengalaman holistik melalui 5 dimensi indera, rasa, pikir, tindakan, dan hubungkan untuk mencapai tingkat kepuasan yang mempengaruhi loyalitas konsumen lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskusikan pengaruh experiential marketing, terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang makan langsung dan berusia 16 tahun ke atas yang telah melakukan pembelian setidaknya dua kali atau lebih. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan adalah 220. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan program AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dan pemasaran pengalaman memiliki efek positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dengan kepuasan sebagai variabel intervening antara pemasaran pengalaman dan loyalitas.
Analisis data jumlah pasar tenaga kerja di indonesia tahun 2015-2018 Alvin Arifin; Nadiyah Masithah Sani
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6117

Abstract

Jumlah pencari kerja yang tidak diimbangi dengan jumlah pasar tenaga kerja akan menyebabkan pengaguran. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang jumlah pasar tenaga kerja di Indonesia di Indonesia periode tahun 2015 sampai dengan 2018. Data yang dapat disajikan merupakan data terbaru melalui data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) yang diperoleh dari situs Badan Pusat Statistik (BPS). Dari analisis deskriptif pada data yang digunakan dapat simpulkan bahwa tingkat pengangguran terbuka paling rendah adalah dengan pendidikan terakhir tidak ada belum pernah sekolah, tetapi dilihat dari proporsi lapangan kerjanya adalah bekerja di sektor informal non-pertanian. Hal ini sangat wajar mengingat pendidikan dapat menunjang pekerjaan yang baik. Kemudian tenaga kerja formal tertinggi dapat dilihat di DKI Jakarta, mengingat DKI Jakarta merupakan ibukota negara dan juga merupakan kota terbesar di Indonesia yang juga merupakan tempat banyak orang mengadu nasib.
Dampak transaksi jual beli dengan pengembalian menggunakan permen terhadap omzet penjualan Gunawan Syahputra; Hambali Hambali
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kasir maupun owner toko untuk tidak melakukan transaksi jual beli dengan memberikan permen sebagai alat pengembalian yang juga berdampak terhadap penurunan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil awal penelitian menunjukkan bahwa terjadi kekecewaan konsumen terhadap penggunaan permen sebagai alat pengembalian. Dilakukan diskusi dengan owner toko untuk tidak memberikan permen sebagai alat pengembalian. Setelah dua bulan dilakukan ujicoba, diperoleh data survey bahwa pelanggan merasa puas dengan kondisi yang ada. Omzet penjualan juga meningkat walaupun tidak signifinikan. Dapat disimpulkan bahwa transaksi jual beli dengan tidak menggunakan permen sebagai alat pengembalian dapat meningkatkan omzet penjualan.
Analisis impor indonesia dari negara asal utama dan komoditi utama 2014-2018 Suhud Widiyanto
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.5945

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang mendorong pembangunan disemua bidang, tentunya membutuhkan banyak impor guna pembangunan tersebut. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS), khususnya data Statistik Impor Indonesia tahun 2014-2018. Tujuan penelitian ini guna menganalisis perkembangan impor Indonesia dari negara asal utama dan komoditinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik diskriptif dalam menggambarkan perkembangan impor Indonesia. Dari hasil penelitian didapat bahwa impor Indonesia selama periode 2014-2018 mengalami perkembangan yang fluktuatif.
Pemanfaatan aturan debt to equity ratio dalam menambah penerimaan pajak Eko Sulistyo Kurniawan; Abdul Basyith
KINERJA Vol 16, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v16i2.6109

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh wajib pajak dalam melakukan upaya untuk menghindar dari pengenaan pajak. Cara yang dapat dipakai untuk melakukan penghindaran pajak adalah dengan memanfaatkan celah-celah aturan perpajakan, yang salah satunya adalah aturan mengenai pembebanan bunga. Umumnya ketentuan perpajakan mengatur bahwa pembayaran bunga merupakan beban yang dapat dikurangkan secara fiskal (deductible expense). Ketentuan ini kemudian dieksploitasi dengan cara pemberian pinjaman dengan jumlah yang melebihi kewajaran, yang tujuannya tidak lain supaya beban secara fiskal membesar, kemudian laba fiskal akan mengecil dan pada akhirnya pajak yang harus dibayar menjadi kecil. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaturan pembebanan bunga dalam Undang-undang Pajak Penghasilan di Indonesia dan memberikan alternatif pengaturan untuk menangkal praktik penghindaran pajak. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan dan lembar Pajak Penghasilan dengan teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian setelah adanya penerapan PMK-169/PMK.010/2015 mengakibatkan penambahan atas pembayaran pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak. Dampak yang diberikan PMK-169/PMK.010/2015 terhadap penerimaan pajak mengakibatkan pajak badan terutang bertambah besar hingga Rp 473.651.185 dari sebelumnya Rp 968.335.663 menjadi Rp 1.423.844.779.

Page 1 of 2 | Total Record : 15